Breaking

Selain Nanas, Berikut Oleh-oleh Khas Subang yang Keren


Image result for foto oleh oleh subang

Libur lebaran hampir usai, waktunya para pemudik untuk kembali ke perantauan. Sebelum pulang kembali tentunya ada hal yang wajib disiapkan untuk dibawa, yaitu oleh-oleh khas kampung halaman. Nah, bagi wargi yang kampung halamannya Subang tentunya wajib membawa oleh-oleh khas Subang untuk di bagikan kepada sahabat atau kerabat di perantauan. Berikut beberapa oleh-oleh khas Subang yang bisa jadi alternatif pilihan untuk dibawa.


Delipel
Kalau terlalu ribet bawa buah nanasnya, wargi bisa menggantinya dengan penganan dari olahan nanas. Salah satu yang memproduksi olahan nanas adalah Delipel. Selain membuat cake nanas dengan beragam toping, Delipel juga membuat nastar, cheese stick, pie, pastry, milky juice yang semuanya berbahan nanas segar. Produk olahan nanas dari Delipel sudah dikemas dengan baik sehingga sangat cocok menjadi oleh-oleh Subang. Toko Delipel Cake terletak di Jalan KH Agus Salim, Gg. Janaka, Subang.
Dodol Nanas
Olahan nanas lainnya yang dapat dijadikan oleh-oleh adalah dodol nanas. Penganan tradisional ini banyak diproduksi oleh para pelaku UKM di daerah Jalan Cagak. Selain dodol ada pula kerupuk nanas dan jus atau sirup nanas. Bagi yang ingin membelinya, dodol nanas dan berbagai olahan nanas tersedia di kios-kios oleh-oleh di daerah Jalancagak.
Bolu Nanas Subang
Bolu nanas Subang  juga bisa jadi pilihan. Bolu dengan selai nanas dan aneka toping ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh. B olu ini diproduksi oleh UKM Chocobos yang memproduksi cokelat nanas yang juga cocok dijadikan oleh-oleh khas Subang.
Ranginang
Penganan tradisional ini cocok juga dijadikan buah tangan khas Subang untuk di bawa ke kota. Salah satu UKM yang memproduksi ranginang dengan kualitas terbaik adalah UKM Rizal.
Abon Ikan Nila
Subang adalah salah satu produsen ikan air tawar di Jawa Barat. Olahan dari ikan tentunya juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Subang. Salah satu diantaranya adalah abon ikan Nila yang diproduksi Dapoer Buaas. Abon ikan nila Buaas sudah dikemas dengan bagus, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Subang. Dapoer Buaas juga memproduksi kerupuk unik yang berasal dari tulang ikan nila.
Peuyeum Ciruluk
Peuyeum atau tape ketan merupakan salah satu penganan tradisional tanah Pasundan. Meski di beberapa daerah di Jawa Barat juga terdapat peuyeum, namun peuyeum Ciruluk yang diproduksi di desa Ciruluk, Subang ini memiliki keunikan tersendiri. Peuyeum ini dibungkus dengan menggunakan daun muncang (kemiri). Untuk memperoleh peuyeum ini, wargi dapat mengunjungi desa Ciruluk, kecamatan Kalijati, disana sebagian warganya berprofesi sebagi pembuat peuyeum.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.